Aplikasi yang Sering Digunakan Pada Bidang Pertambangan

Industri pertambangan menerapkan program SDGs dengan cara mewujudkan Good Mining Practice. Salah satu aspek dalam mewujudkan hal tersebut adalah pemanfaatan serta penerapan teknologi (Permen ESDM No.26 Tahun 2018 Pasal 3).

Teknologi pertambangan bisa membuat pekerjaan eksplorasi serta produksi lebih efisien serta efektif. Maka dari itu, tidak heran jika perusahaan pertambangan menyantumkan kemampuan operasi aplikasi di salah satu syarat kualifikasi lowongan kerja yang sedang dibuka oleh perusahaan tersebut.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk mahasiswa maupun lulusan baru pada bidang geologi serta pertambangan yang ingin berkarir di perusahaan pertambangan.

5 Aplikasi yang Sering Digunakan Pada Bidang Pertambangan

Nah pada artikel ini kami akan membahas mengenai lima aplikasi yang sering digunakan di industri pertambangan serta kegunaannya, simak dengan baik.

1. ArcGIS

Aplikasi yang pertama adalah ArcGIS, aplikasi ini berhubungan lansung dengan kegiatan sistem informasi geografis. Aplikasi ini dibuat oleh EDRI (Environment Science & Research Institute) di California.

Aplikasi ini mempunyai fitur penting seperti pembuatan tampilan peta, pengumpulan data lapangan, dan data spasial. Bahkan saat ini pihak EDRI sudah mengembangkan aplikasi ArcGis Pro untuk menambah kenyamanan para penggunannya.

2. Leapfrog Geo

Aplikasi yang kedua adalah Leapfrog Go, aplikasi ini adalah produk dari perusahaan Seequent. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk permodelan geologi dalam bentuk 3 dimensi. Selain itu, ada fitur yang menarik dari aplikasi ini, yakni estimasi sumber daya dalam suatu model geologi.

3. Micromine

Aplikasi yang ketiga adalah Micromine, aplikasi ini adalah produk dari perusahaan yang berpusat di Australia Barat. Aplikasi ini mengusung slogan Intutive Mining Solution, Micromine merupakan solusi eksplorasi serta desain tambang yang cukup mudah untuk digunakan.

Selain menawarkan fitur diatas, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pemodelan, estimasi, desain, optimasi, serta schedulling. Micromine juga sudah hadir di Indonesia dibawah naungan PT Mikromine Indonesia Perdana.

4. Geoloslope

Aplikasi ini merupakan aplikasi moden khusus yang digunakan untuk pemodelan geoteknik serta lingkungan yang sudah berdiri selama kurang lebih 40 tahun. Dalam dunia pertambangan, aplikasi ini bisa membantu desain ekskavasi serta tambang terbuka.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan analisis kestabilan lerang. Aplikasi ini masih dalam satu naungan dengan Leapforg Geo di bawah Seequent Limited yang bermarkas di Canada.

5. Surpac

Aplikasi yang terakhir adalah Surpac, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pemodelan sumber daya serta perencanaan tambang. Fitur yang ditawarkan di aplikasi ini meliputi pembuatan desain pit untuk mempermudah perencanaan tambang. Selain itu ada fitur perhitungan volume dan system grade control.

Nah itulah 5 (lima) aplikasi yang sering digunakan dalam dunia industri pertambangan. Jika anda ingin membaca artikel tentang pertambangan yang lain bisa kunjungi ilmutambang.com, pada website tersebut membahas banyak sekali artikel tentang pertambangan yang sangat bermanfaat.